Pertanyaan :

بسم اللّه الرحمن الر حيم

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

‘Afwan ustadz, izin bertanya.

Ana pernah ikut lomba tingkat nasional dan waktu ana presentasi, panitia mem video ana dan diupload di Instagram. Waktu itu ana memakai jilbab sudah menutupi dada tapi tidak menutupi perut dan lengan.
Ana sudah menghubungi panitia tapi belum mendapat respon dan belum dihapus juga video tersebut.
Mohon solusinya ustadz, apa yang harus ana lakukan?
Ana takut itu menjadi dosa jariyah ana.

Jazaakumullaahu khayran wa baarakallaahu fiik

Tanya Jawab AISHAH – akademi shalihah
(Disampaikan Oleh Fulanah – SahabatAISHAH Yogyakarta)

Jawaban :

وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ

Alhamdulillāh wa shalātu wa salāmu ‘alā rasūlillāh.

Seorang wanita tidak boleh tampil didepan umum, dan menjadi perhatian para lelaki, karena Allah menjadikan seorang wanita fitnah untuk para laki-laki. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِنَّ الدُّنْيَا حُلْوَةٌ خَضِرَةٌ وَإِنَّ اللَّهَ مُسْتَخْلِفُكُمْ فِيهَا فَيَنْظُرُ كَيْفَ تَعْمَلُونَ فَاتَّقُوا الدُّنْيَا وَاتَّقُوا النِّسَاءَ فَإِنَّ أَوَّلَ فِتْنَةِ بَنِي إِسْرَائِيلَ كَانَتْ فِي النساء

kepada kami Syu’bah dari Abu Maslamah dia berkata, aku mendengar Abu Nadlrah bercerita dari Abu Sa’id Al Khudri dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
“Sesungguhnya dunia itu manis. Dan sesungguhnya Allah telah menguasakannya kepadamu sekalian. Kemudian Allah menunggu (memperhatikan) apa yang kamu kerjakan (di dunia itu).
Karena itu bertaqwalah dalam perihal dunia dan perkara wanita, karena sesungguhnya sumber bencana Bani Isarail adalah wanita.“
(HR. Muslim: 2742).

Maka lakukan yang bisa anti lakukan untuk menghilangkan foto-foto tersebut, sedangkan tentang sesuatu yang tidak anti sanggupi, insya Allah dimaafkan oleh Allah.

Wallahu a’lam.

Dijawab dengan ringkas oleh :
Ustadz Muhammad Ihsan حفظه الله

 

sumber:  https://bimbinganislam.com/video-tidak-berhijab-tersebar-bagaimana-menghilangkan-dosanya/