Pertanyaan

بِسْـمِ اللّهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْم
اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ

Ustadz, saya ingin bertanya mengenai puasa Daud.
Yang saya ketahui dalam sebuah hadits, puasa Daud adalah sebaik-baik puasa dan paling disukai Allāh. Apakah Rasūlullah Shallallāhu’alayhi wa sallam juga melaksanakannya?
Apakah ini sunnah untuk umat Rasūlullah Shallallāhu’alayhi wa sallam atau khusus kasus sahabat Abdullah bin ‘Amr seperti dalam hadits?

جَزَاكَ الله خَيْرًا

(Adhani, SAHABAT BiAS T07 G-45)

Jawaban

Wa’alaikumussalam warahmatullah wabarakatuh

Bismillah
Alhamdulillāh
Washshalātu wassalāmu ‘alā rasūlillāh, wa ‘alā ālihi wa ash hābihi ajma’in

Puasa Daud ini adalah sunnah yang berlaku untuk seluruh umat Islam, dan Nabi tidak melakukannya. Itu beliau lakukan karena besarnya kasih sayang beliau kepada umat beliau, beliau khawatir akan memberatkan umat Islam yang hendak meneladani beliau secara penuh. Sehingga beliau menganjurkan namun tidak melaksanakannya dikarenakan sebab ini.

Imam Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah menyatakan :

وَقَدْ كَانَ يَتْرُكُ كَثِيرًا مِنَ الْعَمَلِ ، وَهُوَ يُحِبُّ أَنْ يَعْمَلَهُ ؛ خَشْيَةَ الْمَشَقَّةِ عَلَيْهِمْ ، وَلَمَّا دَخَلَ الْبَيْتَ (أي : الكعبة) خَرَجَ مِنْهُ حَزِينًا، فَقَالَتْ لَهُ عَائِشَةَ فِي ذَلِكَ؟ فَقَالَ: ( إِنِّي أَخَافُ أَنْ أَكُونَ قَدْ شَقَقْتُ عَلَى أُمَّتِي )

“Beliau banyak meninggalkan amal, padahal beliau ingin mengamalkannya; hal itu karena dihawatirkan justru akan menyulitkan mereka, pada saat beliau telah memasuki Baitullah.. beliau keluar dengan bersedih, seraya Aisyah berkata dalam masalah tersebut, maka beliau menjawab:

( إِنِّي أَخَافُ أَنْ أَكُونَ قَدْ شَقَقْتُ عَلَى أُمَّتِي )

“Sungguh saya khawatir bahwa saya justru akan menyulitkan ummatku”. (Zadul Ma’ad Fi Hadyi Khairil ‘Ibad : 2/96).

Pernyataan serupa juga dinyatakan oleh Imam Ibnu Hajar Al-Haitami beliau berkata :

صيامه في السنَة والشهر على أنواع ، ولم يكن يصوم الدهر ، ولا يقوم الليل كله ، وإن كان له قدرة على ذلك ؛ لئلا يُقتدى به فيشق على أمته ، وإنما كان يسلك الوسط ، ويصوم حتى يُظن أنه لا يفطر , ويفطر حتى يُظن أنه لا يصوم ، ويقوم حتى يُظن أنه لا ينام , وينام حتى يُظن أنه لا يقوم

“Puasanya beliau dalam satu tahun dan satu bulan banyak macamnya, beliau tidak pernah berpuasa satu tahun penuh, tidak juga qiyamul lail semalam suntuk, meskipun beliau mampu melakukannya, agar tidak diikuti oleh ummatnya dan akan memberatkan mereka.

Akan tetapi beliau menempuh jalan pertengahan, beliau berpuasa seakan beliau tidak pernah berbuka, dan berbuka sehingga beliau dikira tidak pernah berpuasa, beliau melaksanakan qiyamul lail sehingga dikira tidak pernah tidur, dan beliau tidur sehingga dikira tidak pernah qiyamul lail.” (Al-Fatawa Al-Fiqhiyyah : 2/53).

Dan masih ada beberapa sebab lain sebagaimana dijelaskan oleh para ulama kita.

Wallahu A’lam
Wabillahit Taufiq

Dijawab dengan ringkas oleh :
Ustadz Abul Aswad Al Bayati حفظه الله

Referensi: https://bimbinganislam.com/sunnah-puasa-daud-yang-tidak-dilakukan-rasulullah/