Pertanyaan :

بِسْـمِ اللّهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُه

Ana ingin bertanya tentang hadits yang menjelaskan keutamaan berwudhu / wudhu di rumah sebelum berangkat sholat ke masjid. Apakah dari hadits tersebut berarti diutamakan juga berwudhu di kantor jika berangkat sholat jamaah atau Jumat dari kantor?

(Disampaikan oleh Fulan, Admin N09)

Jawaban :

وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ

بِسْـمِ اللّهِ

Alhamdulillah, wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah, wash shalaatu was salaamu ‘alaa rasulillaah, amma ba’du.

Insya Allah, berwudhu/wudhu di kantor kemudian keluar menuju masjid juga mendapatkan keutamaan seperti berwudhu/wudhu dari rumah. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

مَنْ تَطَهَّرَ فِي بَيْتِهِ ثُمَّ مَشَى إِلَى بَيْتٍ مِنْ بُيُوتِ اللَّهِ لِيَقْضِيَ فَرِيضَةً مِنْ فَرَائِضِ اللَّهِ كَانَتْ خَطْوَتَاهُ إِحْدَاهُمَا تَحُطُّ خَطِيئَةً وَالْأُخْرَى تَرْفَعُ دَرَجَةً

“Barangsiapa bersuci di rumahnya, kemudian berjalan ke salah satu rumah Allah (masjid) untuk melaksanakan kewajiban yang Allah tetapkan, maka kedua langkahnya, yang satu menghapus kesalahan dan satunya lagi meninggikan derajat.”
(Muslim: 1070)

Keutamaan berwudhu/wudhu dari rumah tersebut terletak pada langkah kakinya ketika berjalan menuju masjid, sehingga ketika seseorang berjalan dari kantornya menuju masjid dalam keadaan suci, maka dia akan mendapatkan keutamaan hadits di atas, karena yang dilihat adalah perjalanan menuju masjidnya bukan dari mana dia berjalan.

 

Wallahu a’lam,
Wabillahit taufiq.

Dijawab dengan ringkas oleh :
Ustadz Muhammad Ihsan

 

Read more https://bimbinganislam.com/pahala-wudhu-di-rumah-atau-kantor-sebelum-berangkat-sholat-ke-masjid/