Pertanyaan:

Assalamualaikum Ustadz, saya ingin bertanya, begini Ustadz, saya sedang menjalani kuliah semester akhir namun pada kenyataannya kuliah tidak dapat membuat saya berubah dan saya merasa kuliah membuang2 waktu saya.

Pertanyaannya adalah apakah saya berdosa jika saya memutuskan untuk keluar kuliah Ustadz dengan pertimbangan saya akan lebih berkembang jika saya keluar dari kuliah karena perkuliahan penuh dengan peraturan dan tuntutan.

Sedang saya sudah tertinggal jauh dalam mata kuliah saya. Terima kasih Ustadz.

Baca Juga : Bolehkah Kasir Alfam*rt/Indom*rt Membeli ‘Tebus Murah’ Yang Tidak Diambil Pembeli
(Ditanyakan oleh Sahabat BIAS melalui Twitter Bimbingan Islam)

 

Jawaban:

Hukum Berhenti Kuliah dalam Tinjauan Syariat
Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakaatuh.

Pertama, kuliah bukanlah sebuah kewajiban, sehingga kita perlu membahas dosa atau tidak. Jika demikian tentu banyak orang Indonesia yang berdosa karena tidak bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang universitas.

Namun, hukum ini tentu bisa berubah jika dilihat kepada faktor lainnya, seperti: menunaikan amanah dan berbakti kepada orang tua. Jika Anda dibiayai oleh orang tua dari awal, maka ini merupakan amanah yang mewajibkan Anda harus rajin dan fokus untuk belajar, jika Anda bermain-main, tentu Anda berdosa karena sudah mengkhianati amanah tersebut, terlebih sudah banyak biaya yang keluar, Allah ﷻ berfirman:

﴿إِنَّ اللَّهَ يَأْمُرُكُمْ أَن تُؤَدُّوا الْأَمَانَاتِ إِلَىٰ أَهْلِهَا وَإِذَا حَكَمْتُم بَيْنَ النَّاسِ أَن تَحْكُمُوا بِالْعَدْلِۚ …..﴾

“Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya….”. (QS. An-Nisa’ : 58).

Pikirkan Lagi, Jangan Sampai Menyesal
Kedua, ketika Anda merasa berhenti kuliah bisa membuat Anda lebih berkembang, apakah ini hanya sekadar perasaan atau memang sudah ada langkah yang Anda pikirkan. Jangan sampai hal tersebut hanya menjadi alasan untuk berhenti, lalu ketika keluar kampus, ternyata Anda pun kembali malas untuk berkembang dan mulai menyesali keputusan berhenti kuliah.

Oleh karenanya, pikirkan dahulu baik-baik, pelajari langkah yang akan diambil lalu diskusikan dan dikomunikasikan dengan orang tua.

Semoga Allah memberikan taufik untuk kita semua.

Dijawab dengan ringkas oleh:
Ustadz Muhammad Ihsan حفظه الله

 

Sumber: https://bimbinganislam.com/nasihat-bagi-yang-ingin-berhenti-kuliah/