Pertanyaan:

Si fulan mengakui manhaj salaf, tapi akhlaqnya tidak menunujukkan manhaj salafi. Kalo dilihat kepahaman agamanya ke arah salafi, tapi akhlaqnya tidak menunjukkan si fulan salafi.

Bagaimana cara mengetahui si fulan itu manhaj salafi, dilihat dari segi apanya?

(Ditanyakan oleh Sahabat BIAS melalui Grup WA)

 

Jawaban:

Kita tidak dibebani untuk melihat amalan dan manhaj orang lain, sibuklah muhasabah diri sendiri, karena aib-aib kita sangatlah banyak.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam pernah bersabda:

ثَلاَثُ مُهْلِكَاتٍ : شُحٌّ مُطَاعٌ وَهَوًى مُتَّبَعٌ وَإعْجَابُ الْمَرْءِ بِنَفْسِهِ

“Tiga perkara yang membinasakan, rasa pelit yang ditaati, hawa nafsu yang diikui dan ujubnya seseorang terhadap dirinya sendiri” (HR. at-Thabarani dalam Al-Awsath, no. 5452, dan dinilai shahih oleh Syaikh Al-Albani dalam as-shahihah, no. 1802).

Mawas Diri
Betapa banyak dosa yang kita lakukan tanpa kita sadari, dan betapa banyak dosa yang kita lakukan dan kita sadari namun kita pura-pura lupa atau bahkan telah melupakannya, hilang tak berbekas??

Sebagai permisalan, cobalah kita berusaha untuk mengingat kembali dosa-dosa yang pernah dilakukan oleh lisan kita? Apakah kita masih ingat siapa saja yang pernah kita ghibahi? Siapa saja yang pernah kita sakiti hatinya dengan perkataan kita? Tentu kebanyakannya telah kita lupakan. Belum lagi dosa-dosa yang pernah kita lakukan dengan hati kita, sengaja atau pun tak sengaja?

Kita tahu betul bahwa bersosial dengan masyarakat itu bertingkat-tingkat keadaannya, dan tidak dipukul rata. Dan Bergaullah dengan manusia dengan akhlak yang baik, termasuk menjauhi sikap suka mencari tahu urusan orang lain.

عَنْ أَبِيْ ذَرٍّ جُنْدُبِ بنِ جُنَادَةَ وَأَبِي عَبْدِ الرَّحْمَنِ مُعَاذِ بْنِ جَبَلٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا عَنْ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ

وَسَلَّمَ قَالَ: (اتَّقِ اللهَ حَيْثُمَا كُنْتَ، وَأَتْبِعِ السَّيِّئَةَ الحَسَنَةَ تَمْحُهَا، وَخَالِقِ النَّاسَ بِخُلُقٍ حَسَنٍ)

Dari sahabat Abu Dzar Jundub bin Junadah dan Abu ‘Abdirrahman Mu’adz bin Jabal radhiyallahu ‘anhuma, dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam, beliau bersabda, “Bertakwalah kepada Allah di mana pun anda berada; iringilah perbuatan buruk dengan perbuatan baik, maka kebaikan akan menghapuskan keburukan itu; dan pergaulilah manusia dengan akhlak yang baik.” (HR. Tirmidzi, no. 1987, dan beliau mengatakan haditsnya hasan atau hasan shahih)

Dijawab dengan ringkas oleh:
Ustadz Fadly Gugul S.Ag. حفظه الله

 

Sumber: https://bimbinganislam.com/mengaku-bermanhaj-salaf-tapi-akhlaknya-kok/