Pertanyaan

بِسْـمِ اللّهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ
اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُه

Ustadz, kapan waktu terbaik/yang tepat untuk membaca Sayyidul Istighfar selain di Dzikir pagi dan petang? Apakah bisa kalau mengganti dzikir rutin (sepanjang hari) dari Istigfar menjadi Sayyidul Istighfar..?? Kalau keutamaan Istighfar, In Syaa Allah ana sudah paham.

Jazakallahu khoiron
Barakallahu fiika

(Penanya : SAHABAT BiAS T06 G-21)

Jawaban

وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ
بِسْـمِ اللّهِ

Alhamdulillāh
Washshalātu wassalāmu ‘alā rasūlillāh, wa ‘alā ālihi wa ash hābihi ajma’in.

Waktu terbaik membaca sayyidul istighfar ya ketika dzikir pagi dan petang.

Namun boleh juga dibaca di waktu-waktu lainnya. Disebutkan dalam fatwa lembaga kementrian agama dan waqaf saudi :

يجوز أن تقول دعاء سيد الاستغفار في أي وقت من ليل أونهار ففي صحيح البخاري عن شداد بن أوس رضي الله عنه عن النبي صلى الله عليه وسلم: ” سيد الاستغفار أن تقول: اللهم أنت ربي لا إله إلا أنت، خلقتني وأنا عبدك، وأنا على عهدك ووعدك ما استطعت، أعوذ بك من شر ما صنعت، أبوء لك بنعمتك علي، وأبوء لك بذنبي فاغفر لي، فإنه لا يغفر الذنوب إلا أنت “، قال: “ومن قالها من النهار موقنا بها، فمات من يومه قبل أن يمسي، فهو من أهل الجنة، ومن قالها من الليل وهو موقن بها، فمات قبل أن يصبح، فهو من أهل الجنة”.

“Boleh bagi engkau membaca doa sayyidul istighfar di waktu mana saja baik siang maupun malam.

Disebutkan dalam Shahih Bukhari dari Syaddad bin Aus dari Nabi shalallahu alaihi wa sallam, sayyidul istighfar dengan engkau membaca :

“Allahumma anta robbii laa ilaaha illaa anta, kholaqtanii wa ana ‘abduka wa ana ‘ala ‘ahdika wa wa’dika mastatho’tu. A’udzu bika min syarri maa shona’tu, abuu-u laka bini’matika ‘alayya, wa abuu-u bi dzanbii, faghfirlii fainnahuua laa yaghfirudz dzunuuba illa anta”

”Ya Allah Engkau adalah Tuhanku, Tidak ada sesembahan yang haq kecuali Engkau, Engkau yang menciptakanku, sedang aku adalah hamba-Mu dan aku diatas ikatan janji -Mu dan akan menjalankannya dengan semampuku, aku berlindung kepadamu dari segala kejahatan yang telah aku perbuat, aku mengakui-Mu atas nikmat-Mu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku pada-Mu, maka ampunilah aku, sesungguhnya tiada yang mengampuni segala dosa kecuali Engkau”

Barangsiapa membacanya di waktu siang dengan keyakinan lalu mati di hari itu sebelum sore tiba, maka ia termasuk ahli syurga.

Dan barangsiapa mengucapkannya di waktu malam dengan penuh keyakinan lalu ia mati sebelum subuh tiba, maka ia termasuk ahli syurga.”

(HR. Bukhari no. 6306)

Sumber : (Fatawa Kementrian Agama Dan Waqaf Saudi no. 71626).

Wallahu a’lam.

Dijawab dengan ringkas oleh :
Ustadz Abul Aswad Al-Bayaty حفظه الله

Referensi: https://bimbinganislam.com/waktu-terbaik-membaca-sayyidul-istighfar/