Pertanyaan :

بسم اللّه الرحمن الر حيم

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Ahsanallāhu ilaikum, ustadz.

Di masjid dalam Rest Area, lewat sekitar 1 jam dari waktu Isya, ada juga yang sedang shalat berjamaah, tampaknya musafir juga. Namun kita tidak tahu apakah mereka sedang shalat Maghrib ataukah Isya
Apakah kita tetap masbuk dengan niat shalat Maghrib?

Jika kemudian ternyata mereka shalat Isya qashar (diketahui dari bacaannya jahr dan ternyata kemudian hanya 2 rakaat), apakah sah shalat Maghrib kita?

(Disampaikan oleh Fulan – Grup WA Sahabat BiAS)

Jawaban :

وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ

بِسْـمِ اللّهِ

Alhamdulillah, wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah, wash shalaatu was salaamu ‘alaa rasulillaah, Amma ba’du

Boleh dan sah shalat maghribnya, Dengan cara :
Tatkala imam salam dari shalat isya di rakaat kedua karena qashar, maka kita menambah satu rakaat lagi karena kita shalat maghrib.
Boleh hukumnya terjadi perbedaan niat antara imam dengan makmum. Imam niat shalat Isya’ sedangkan makmum niat shalat magrib, diantara dalilnya adalah apa yang dinukil oleh Syaikh Abdul Aziz bin Baz sebagai berikut :

الصواب أنها صحيحة؛ لأن الرسول صلى الله عليه وسلم صلى في الخوف ببعض المسلمين ركعتين صلاة الخوف، ثم صلى بطائفة أخرى ركعتين، فصارت الأولى له فريضة والثانية له نافلة وهم لهم فريضة، وكان معاذ t يصلي مع النبي ﷺ في العشاء صلاة الفريضة، ثم يرجع فيصلي بقومه صلاة العشاء نافلة له وهي لهم فرض، فدل ذلك على أن لا حرج في اختلاف النية
وهكذا لو أن إنساناً جاء إلى مسجد فصلى العصر وهو لم يصل الظهر، فإنه يصلي معهم العصر بنية الظهر، ولا حرج عليه في أصح قولي العلماء، ثم يصلي العصر بعد ذلك

“Pendapat yang benar shalatnya sah, karena Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam pernah shalat khauf dua rakaat bersama sebagian kaum muslimin. Kemudian beliau shalat lagi dua rakaat bersama sebagian kaum muslimin yang lain sehingga shalat pertama bagi beliau wajib, dan shalat yang kedua sunnah bagi beliau tetapi wajib bagi makmum (yang kedua).

Dan Muadz bin Jabal pernah shalat bersama Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam shalat Isya. Kemudian ia shalat isya bersama kaumnya sebagai shalat sunnah bagi beliau akan tetapi shalat wajib bagi kaum beliau. Hal itu menunjukkan bahwa tidak mengapa dengan adanya perbedaan niat (antara imam dengan makmum-pent)

Demikian pula seandainya seseorang datang ke masjid padaa saat shalat asar sementara ia belum shalat dzuhur. Maka ia shalat bersama jamaah asar dengan niat shalat dzuhur. Dan tidak mengapa hal itu menurut pendapat yang lebih shahih dari dua pendapat ulama yang ada. Kemudian setelah itu baru ia shalat asar, na’am.”
(Fatawa Syaikh Bin Baz no. 8635).

Wallahu a’lam
Wabillahittaufiq

Dijawab dengan ringkas oleh :
Ustadz Abul Aswad Al Bayati حفظه الله

 

sumber:  https://bimbinganislam.com/jamak-shalat-maghrib-dengan-imam-sholat-isya-qoshor-apa-boleh/