Pertanyaan:

بِسْـمِ اللّهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْم

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ

Ahsanallahu ilaikum ustadz.. Izin bertanya, suami berniat ingin berpoligami. Tapi sebelumnya, keadaan rumah tangga dengan istri pertama tidak terlalu bahagia. Selalu saja ada pertengkaran. Kalau istri pertama menolak dimadu dengan alasan tersebut, apakah boleh ustadz? Si istri takut suaminya tidak adil nantinya. Mohon solusinya ustadz.

جزاك اللهُ خيراً

(Disampaikan oleh Anggota Grup WA Sahabat BiAS)

 

Jawaban:

وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ

بِسْـمِ اللّهِ

Alhamdulillah, wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah, wash shalaatu was salaamu ‘alaa rasulillaah, Amma ba’du.

Baca Juga : Ber-SMS-An dengan Calon Suami
Sebagai istri penuhilah tanggung jawab dan laksanakan kewajiban dengan sebaik mungkin, adapun hak Anda mohonlah pertolongan pada Allah Ta’ala. Rasa takut itu adalah manusiawi, tinggal kita mengantisipasinya dengan cara yang benar.

Kalau Anda telah menjadi istri idaman dari suami Anda, maka jangan khawatir cinta suami berpaling lebih besar pada yang lain.

Yakinlah bahwa Anda adalah yang paling dicintainya, begitupun sebaliknya. Bila layanan Anda kurang pada suami, tidak memenuhi kewajiban dengan baik, maka jangan menyesal di kemudian hari.

Adapun kesalahan dan dosa suami di dalam rumah tangga, maka masing-masing hamba akan mempertanggung jawabkan setiap amalannnya di akhirat kelak.

Wallahu Ta’ala A’lam.

Dijawab dengan ringkas oleh:
Ustadz Fadly Gugul S.Ag. حفظه الله

 

Sumber: https://bimbinganislam.com/istri-yang-takut-dipoligami/