Pertanyaan:

Assalamualaikum izin tanya ustadz.

Jadi di rumah saya itu tidak ada kamar dan cuma di tutup pakai gorden saja. Tetapi mertua laki-laki sedang nginep di tempat saya dan terkadang cuma tinggal saya berdua saja sama mertua di dalam rumah. Apa pandangan Islam untuk hal seperti ini, apakah boleh atau tidak?

Terima kasih, wasalamualaikum.

(Ditanyakan oleh Sahabat BIAS via Instagram Bimbingan Islam)

 

Jawaban:

Wa’alaikum salaam warahmatullahi wabarakaatuh..

Mertua itu mahram selamanya. Tidak ada istilahnya mantan mertua dalam hal mahram.

Memang Nabi shalallahu alaihi wasallam pernah mewanti-wanti kita semua untuk berhati-hati saat memasuki rumah yang ada wanitanya,

إِيَّاكُمْ وَالدُّخُوْلَ عَلَى النِّسَاءِ

فَقَالَ رَجُلٌ مِنَ اْلأَنْصَارِ : يَا رَسُوْلَ اللهِ أَفَرَأَيْتَ الْحَمْوَ؟ قَالَ : الْحَمْوُ الْمَوْتُ

“Berhati-hati kalian masuk ke tempat para wanita”

Berkatalah seseorang dari kalangan Anshar, “Wahai Rasulullah, Apa pendapat Anda dengan ipar?” Beliau menjawab, “Ipar adalah maut” (Muttafaqun ‘Alaihi)

Yang Beliau shallallahu’ alaihi wasallam tekankan larangannya adalah Ipar. Bukan mertua. Namun perlu dicatat, jangan sampai lalai tentang aurat saat ada orang lain walaupun itu mahram di dalam rumah.

Allah ta’ala berfirman,

وَلا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلا لِبُعُولَتِهِنَّ أَوْ آبَائِهِنَّ أَوْ آبَاءِ بُعُولَتِهِنَّ أَوْ أَبْنَائِهِنَّ أَوْ أَبْنَاءِ بُعُولَتِهِنَّ أَوْ إِخْوَانِهِنَّ أَوْ بَنِي إِخْوَانِهِنَّ أَوْ بَنِي أَخَوَاتِهِنَّ أَوْ نِسَائِهِنَّ (سورة النور: 31)

“Dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita Islam.” (QS An-Nur 31)

Apa yang boleh ditampakkan wanita saat di rumah bersama mahramnya? Apa-apa yang biasa tampak saat mengerjakan urusan rumah, yakni kepala, leher, lengan & kaki.

Jadi jangan sampai ketika ada mertua malah mengenakan pakaian yang biasa dipakai bersama suami di dalam kamar di malam hari.

Wallahu A’lam

Dijawab dengan ringkas oleh:
Ustadz Rosyid Abu Rosyidah حفظه الله

 

Sumber: https://bimbinganislam.com/istri-hanya-berdua-dengan-bapak-mertua-di-rumah/