Pertanyaan:

Assalamualaikum, Ustadz,
Apakah benar ada hadits “didiklah anakmu sesuai dengan jamannya”?
Jika benar ada, bagaimana penerapannya di jaman sekarang, mengingat jaman sekarang sudah banyak terjadi penyimpangan ajaran islam? Mohon pencerahannya.
Jazakallah khoiron

Dari Fulana di Bekasi / Grup di BIAS: G28

Jawaban:

بسم الله والحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله، وبعد
وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته،

Hadits tersebut cukup terkenal, namun TIDAK DITEMUKAN ASAL-USULNYA (SANADNYA), sehingga tidak boleh disandarkan kepada Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam.
Memang zaman memiliki pengaruh kuat pada pribadi seseorang. Akan tetapi syariat islam telah diturunkan oleh Allah untuk cocok dan relevan di setiap tempat dan waktu. Oleh karenanya, cukuplah kita pelajari bagaimana Islam membimbing orang tua untuk mendidik anaknya dengan baik dan benar. Prinsipnya tidak berubah, namun fasilitas dan sarananya saja yang menyesuaikan.
Untuk menerapkannya perlu melihat latar belakang, karakter, dan lingkungan tempat tinggal anak tersebut.
Kalau latar belakang si anak adalah dari keluarga yg ‘abangan’ dan jauh dari Islam, maka cara penanganannya adalah dengan menanamkan dasar-dasar Islam terlebih dahulu, baru meningkat ke masalah lainnya.
Jika ia memiliki karakter penurut tentunya berbeda dengan yang berkarakter bandel. Demikian pula anak yang cerdas, normal atau agak lambat berfikirnya; masing-masing memerlukan cara tersendiri.
Lingkungan yang kondusif tentunya memudahkan kita dalam mendidik, demikian pula sebaliknya.
Intinya masing-masing perlu disesuaikan, dan saya tidak bisa menentukan metode apakah yang paling pas digunakan sebelum mengetahui ketiga faktor tadi.

Wallaahu a’lam

Konsultasi Bimbingan Islam
Dijawab oleh Ustadz Dr. Sufyan Baswedan Lc MA

Referensi: https://bimbinganislam.com/hadits-tentang-mendidik-anak-sesuai-zamannya/