Diantara sekian banyak sahabat yang dijamin masuk surga ada sepuluh yang sangat terkenal. Kesepuluh sahabat ini disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abdurrahman bin ‘Auf ia berkata :
Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam– bersabda:

أَبُو بَكْرٍ فِي الْجَنَّةِ وَعُمَرُ فِي الْجَنَّةِ وَعُثْمَانُ فِي الْجَنَّةِ وَعَلِيٌّ فِي الْجَنَّةِ وَطَلْحَةُ فِي الْجَنَّةِ وَالزُّبَيْرُ فِي الْجَنَّةِ وَعَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ عَوْفٍ فِي الْجَنَّةِ وَسَعْدٌ فِي الْجَنَّةِ وَسَعِيدٌ فِي الْجَنَّةِ وَأَبُو عُبَيْدَةَ بْنُ الْجَرَّاحِ فِي الْجَنَّةِ

“Abu Bakar di surga, Umar di surga, Utsman di surga, Ali di surga, Thalhah di surga, Zubair di surga, Abdurrahman bin Auf di surga, Sa’d di surga, Sa’id di surga, Abu ‘Ubaidah bin Jarrah di surga”.
(HR, Tirmidzi : 3680)

Nama lengkap mereka adalah : Abu Bakar As-Sidiq, Umar bin Khathab, Utsman bin ‘Affan, Ali bin Abi Thalib, Thalhah bin Ubaidillah, Abdurrahman bin Auf, Abu Ubaidah Ibnul Jarrah, Sa’ad adalah Ibnu Abi Waqqas, dan Sa’id adalah Sa’id bin Zaid.

Nah seringkali kita bingung tatkala ditanya tentang siapa sajakah sepuluh shaabat yang dijamin masuk surga?
jarang yang bisa menjawabnya dengan jawaban yang tepat, susah menghafalkannya. Berikut adalah salah satu cara mudah menghafal sepuluh sahabat yang dijamin masuk surga. Yaitu dengan menghafalkan uraian sebagai berikut :

1 Tho’, 2 Sin, 3 Alif, 4 ‘Ain (1,2,3,4).

Rincian dari rumus di atas adalah sebagai berikut :

1 Tho’ = Tholhah bin Ubaidillah.

2 Sin = Sa’ad bin Abi Waqqash dan Sa’id bin Zaid.

3 Alif = Abu Bakar dan Abu Ubaidah Ibnul Jarrah dan Az-Zubair bin Awwam.

4 ‘Ain = ‘Umar dan ‘Utsman dan ‘Ali, dan ‘Abdurrahman bin ‘Auf.

Nah bagaimana mudah bukan ?
Marilah kita bersemangat menghafalkan nama para sahabat Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam membaca kisah hidup mereka lebih dari pada sekedar menghafalkan nama para pemain bola.

Wallahu a’lam

Video cara menghafalnya, dapat disimak disini :

Disusun oleh:

 

Sumber: https://bimbinganislam.com/cara-mudah-menghafalkan-sepuluh-sahabat-yang-dijamin-masuk-surga/