Pertanyaan

بِسْـمِ اللّهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْم
اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ

Ustadz, apakah seorang wanita boleh datang melayat ?

جَزَاكَ الله خَيْرًا

(Isma, SAHABAT BiAS T07 G-95)

Jawaban

Wa’alaikumussalam warahmatullah wabarakatuh

Bismillah

Alhamdulillāh
Washshalātu wassalāmu ‘alā rasūlillāh, wa ‘alā ālihi wa ash hābihi ajma’in

Boleh, akan tetapi makruh seorang wanita ikut mengiringi jenazah. Mengiringi jenazah bagi wanita hukumnya diperselisihkan oleh para ulama. Pendapat yang benar dalam masalah ini, wanita mengiringi jenazah hukumnya makruh. Jika ia tinggalkan maka baginya pahala, dan jika ia lakukan ia tidak mendapatkan dosa.

Imam Ibnu Bathal mengatakan :

وروى جواز اتباع النساء الجنازة عن ابن عباس، والقاسم، وسالم، وعن الزهرى، وربيعة، وأبى الزناد مثله، ورخص مالك فى ذلك، وقال: قد خرج النساء قديمًا فى الجنائز، وخرجت أسماء تقود فرس الزبير، وهى حامل، وقال: ما أرى بخروجهن بأسًا إلا فى الأمر المستنكر

“Dan diriwayatkan kebolehan wanita mengiringi jenazah dari Ibnu Abbas, Al-Qasim, Salim, dan dari Az-Zuhri, Rabi’ah, Abu Zinad dan yang selainnya. Dan Imam Malik memberikan keringanan dalam hal itu, beliau berkata : ‘Dan para wanita di masa lampau keluar untuk mengiringi jenazah, Asma’ keluar menuntun kudanya Zubair dalam keadaan hamil’. Beliau berkata lagi ; ‘Dan aku tidak melihat adanya masalah dengan keluarnya mereka ini kecuali dalam hal-hal yang diingkari”. (Syarah Shahih Bukhari Libni Bathal : 3/367).

Imam Ibnu Qudamah juga berkata :

ويكره اتباع النساء الجنائز لما روي عن أم عطية قالت: نهينا عن اتباع الجنائز ولم يعزم علينا. متفق عليه، وكره ذلك ابن مسعود وابن عمر وأبو أمامة وعائشة ومسروق والحسن والنخعي والأوزاعي وإسحاق.

“Makruh hukumnya bagi wanita untuk mengiringi jenazah berdasarkan apa yang diriwayatkan dari Ummu Athiyyah, ia berkata ; ‘Kami dilarang dari mengiringi jenazah dan beliau tidak bersungguh-sungguh’ (HR Bukhari-Muslim). Ibnu Mas’ud juga memakruhkannya demikian pula Ibnu Umar, Abu Umamah, ‘Aisyah, Masruq, Hasan, An-Nakha’i, Al-Auza’i, dan juga Ishaq.” (Al-Mughni : 2/356).

Sumber: https://bimbinganislam.com/hukum-muslimah-mengiringi-jenazah/

Wallahu A’lam
Wabillahit Taufiq

Dijawab dengan ringkas oleh:
Ustadz Abul Aswad Al-Bayati حفظه الله

Referensi: https://bimbinganislam.com/apakah-seorang-wanita-boleh-datang-melayat/