Pertanyaan :

بسم اللّه الرحمن الر حيم

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Ahsanallāhu ilaikum, ustadz.

Ustadz mau tanya. Saya adalah ibu hamil dianjurkan bidan tidur miring kiri. Sedangkan Sunnah nya tidur miring kanan. Mana yang lebih utama?

Jazakallahu Khairon

(Disampaikan oleh Fulanah – Grup WA Sahabat BiAS T09-25))

 

Jawaban :

وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ

بِسْـمِ اللّهِ

Alhamdulillah, wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah, wash shalaatu was salaamu ‘alaa rasulillaah, Amma ba’du

Tidak mengapa ia mengikuti instruksi bidan tadi karena tidur dengan miring ke kiri itu juga tidak berdosa, hanya saja ia meninggalkan yang lebih utama dari sisi Islam. Dan bisa jadi tidur miring ke kiri lebih bermanfaat pada kondisi tertentu yang dikecualikan seperti saat hamil misalnya. Tentu para ahli medis lebih faham akan hal ini, wallahu a’lam.

Imam Abdul Aziz bin Baz ditanya :

هل يأثم المسلم إذا نام على يده اليسرى

“Apakah seorang muslim itu jika ia tidur di atas tangan kirinya (miring ke kiri) ia berdosa?”

Beliau menjawab :

لا حرج في ذلك؛ لكن الأفضل أن يبدأ النوم على اليمنى، كان النبي صلى الله عليه وسلم يبدأ باليمنى ويقول صلى الله عليه وسلم: (إذا أتى أحدكم فراشه فليتوضأ ثم ليضطجع على جنبه الأيمن) ، هذا هو الأفضل، أن يبدأ النوم في الليل على جنبه الأيمن وهو على طهارة، هذا هو الأفضل، وإن نام على يساره فلا حرج، وإذا بدأ النوم ثم انقلب فل بأس

“Tidak mengapa dengan hal itu, akan tetapi yang afdhal ia memulai tidur di atas sisi kanan, adalah Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam memulai tidur dengan sisi kanan dan beliau bersabda ; Jika salah seorang dari kalian tidur hendaknya berwudhu kemudian berbaring di atas sisi kanan.

Ini yang utama, Seseorang memulai tidurnya di malam hari dengan miring ke kanan / di atas sisi tubuh yang kanan serta dalam keadaan suci. Ini yang lebih utama jika ia tidur di atas sisi tubuh yang kiri tidak mengapa dan jika ia memulai tidur kemudia ia berpaling tidak mengapa juga.”
(Fatawa Syaikh Bin Baz no. 10970).

Wallahu a’lam
Wabillahittaufiq

 

Dijawab dengan ringkas oleh :
Ustadz Abul Aswad Al Bayati حفظه الله

 

sumber: https://bimbinganislam.com/bolehkan-tidur-miring-ke-kiri-karena-sedang-hamil/