Pertanyaan:

بِسْـمِ اللّهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْم
اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ

‘Afwan ustadz, saya ingin bertanya.

Jika kita masih dalam tahap menghafal surat, bolehkan saat shalat kita menggunakan earphone/headset yang bisa menggunakan koneksi bluetooth untuk mendengarkan murottal surat tersebut? Yang saya ketahui adalah diperbolehkan dengan memegang mushaf Al-Qur’an.

Mohon penjelasannya.

جَزَاكَ الله خَيْرًا

Ditanyakan oleh Sahabat BiAS T08

Jawaban:

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Bismillāh

Alhamdulillāh
Washshalātu wassalāmu ‘alā rasūlillāh, wa ‘alā ālihi wa ash hābihi waman tabi’ahum bi ihsānin Ilā yaumil Qiyāmah. Amma ba’du

Kita memohon kepada Allah agar memberikan taufik pada setiap huruf yang tertulis, dan kita juga memohon agar kita terbimbing kepada jalan yang lurus.

Tidak perlu sampai seperti itu, saat shalat bacalah surat pendek yang mudah bagi anda. Andaipun baru hafal Surat Al-Fatihah, maka bacalah Al-Fatihah saja, dan tidak perlu menggunakan headset saat sholat.

Karena Rasulullāh shallallāhu ‘alaihi wasallam bersabda ketika mengajarkan cara shalat yang benar kepada seorang yang buruk shalatnya:

اقرأ ما تيسر لك من القرآن

“Bacalah yang mudah dari mu dari surat Al-Qur’an.”

HR. Bukhari 793 dan Muslim 397

Hadits inilah yang kita jadikan dalil untuk tidak perlu membebani diri dengan sesuatu yang kita tidak mampu melaksanakannya, yaitu dengan menggunakan earphone/headset untuk mendengarkan murottal surat yang akan kita baca pada saat shalat.

Wallāhu A’lam
Wabillāhit Taufiq

Dijawab dengan ringkas oleh :
? Team Tanya Jawab Bimbingan Islam

Referensi: https://bimbinganislam.com/bacalah-yang-mudah-dari-surat-al-quran/