Pertanyaan :

بسم اللّه الرحمن الر حيم
السلام عليكم ورحمةالله وبركاته

Ustadz, ana mau tanya hukum nya mentransfer shadaqah ke lembaga/organisasi yang masih menggunakan akun bank konvensional?

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

(Disampaikan Oleh Sahabat BiAS)

Jawaban :

وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ
بِسْـمِ اللّهِ

Alhamdulillāh
Washshalātu wassalāmu ‘alā rasūlillāh, wa ‘alā ālihi wa ash hābihi ajma’in.

Tidak mengapa jika lembaga sosial tersebut hanya menjadikan bank sebagai sarana tarnsfer saja tanpa ada maksud untuk mengambil bunga riba dari rekening yang ia miliki. Imam Abdul Aziz bin Abdillah bin Baz menyatakan :

وضع المال في البنوك بدون فوائد : لا مانع منه إذا دعت الحاجة إلى ذلك ، وإن تيسر إيداعه عند غيرها فهو أحوط وأحسن ؛ عملا بقول النبي صلى الله عليه وسلم: (دع ما يريبك إلى ما لا يريبك ) ، وقوله عليه الصلاة والسلام: (من اتقى الشبهات فقد استبرأ لدينه وعرضه)، وفق الله الجميع

“Menabung uang di bank tanpa diambil bunganya, hukumnya tidak terlarang, jika ada kebutuhan di sana. Jika memungkinkan untuk ditabung di selain bank, mungkin lebih baik dan lebih hati-hati.

Dalam rangka mengamalkan sabda Nabi shallallāhu ‘alayhi wa sallam, “Tinggalkan yang meragukan dan berpindahlah ke yang tidak meragukan.” Atau sabda Nabi shallallāhu ‘alayhi wa sallam, “Siapa yang menjauhi Syubuhat, berarti dia menyelamatkan agama dan kehormatannya”, semoga Allah memberikan taufiq untuk semuanya.”

(Majmu’ Fatawa Syaikh Bin Baz : 19/413).

Wallohu A’lam
Wabillahittaufiq.

Dijawab dengan ringkas oleh:
? Ustadz Abul Aswad Al Bayati حفظه الله

Referensi: https://bimbinganislam.com/menggunakan-bank-konvensional-untuk-mentrasfer-shodaqoh/