السلام عليكم ورحمة اللّه وبركاته

Ustadz, Bagaimana ketika kita diminta memberikan nasehat kepada saudara kita yang meminta akan tetapi kita tidak bisa menasehatinya karena kita belum bisa mengamalkan nasehat yang akan kita sampaikan?

(Dari Hamba Alloh Anggota Grup WA Bimbingan Islam)

Jawaban :

 وعليكم السلام ورحمة الله وبر كاته

Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam menyuruh kita agar memberi nasehat ketika diminta, dan nasehat itu artinya menyampaikan apa-apa yang bermanfaat. Adapun mengamalkan apa yang dinasehatkan itu sendiri, bukanlah syarat yang harus terpenuhi sebelum memberi nasehat. Karena sekedar menyuruh seseorang berbuat baik dan mencegahnya dari kemunkaran, adalah sesuatu yang baik.

Allah berfirman yg artinya, “Tidak ada kebaikan pada sebagian besar pembicaraan rahasia mereka, kecuali pada orang yang mengajak bersedekah, atau memerintahkan yang ma’ruf, atau mendamaikan orang-orang yang berselisih. Dan barangsiapa melakukan hal tersebut karena mengharap ridha Allah, maka Kami akan memberikan pahala yg besar kepadanya” (An Nisa’ 114).

 قال السعدي رحمه الله: “فهذه الأشياء حيثما فعلت فهي خير، كما دل على ذلك الاستثناء. ولكن كمال الأجر وتمامه بحسب النية والإخلاص، ولهذا قال: {وَمَنْ يَفْعَلْ ذَلِكَ ابْتِغَاءَ مَرْضَاةِ اللَّهِ فَسَوْفَ نُؤْتِيهِ أَجْرًا عَظِيمًا}

Syaikh As’ Si’di dalam Tafsirnya mengatakan, “Kesemua hal tadi senantiasa dianggap baik, bagaimana pun ia dilakukan, sebagaimana makna yang difahami dari pengecualian tersebut. Akan tetapi, pahala dan balasannya yang sempurna tergantung niat dan keikhlasan. Oleh karenanya, Allah mengatakan setelah itu, “Dan barangsiapa melakukan hal tersebut karena mengharap ridha Allah, maka Kami akan memberikan pahala yang besar kepadanya”.

Jadi, tetaplah memberi nasehat walaupun belum mengamalkan.

Wallaahu a’lam.

Konsultasi Bimbingan Islam

Ustadz Dr. Sufyan bin Fuad Baswedan, MA

Referensi: https://bimbinganislam.com/belum-bisa-menasehati-karena-belum-mengamalkan-2/