Pertanyaan:

بِسْـمِ اللّهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ
اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُه

Pertanyaan dari Sahabat BiAS:

Ustadz, ana mohon penjelasan dan tafsir dari QS. An Nuur : 55.

(Member BiAS T-07 )

Jawaban:

وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ
بِسْـمِ اللّهِ

Alhamdulillāh
Washshalātu wassalāmu ‘alā rasūlillāh, wa ‘alā ālihi wa ash hābihi ajma’in.

Makna ayat ini adalah dahulu kala ketika awal kali Islam muncul, kaum muslimin berada di dalam kelemahan, tidak adanya rasa aman. Dan Allah Ta’ala menjanjikan jika kaum muslimin kembali kepada agama yang murni, berilmu dan beramal shalih, maka Allah akan menganugerahkan kejayaan di muka bumi.

Para sahabat adalah generasi terbaik yang merealisasikan misi mulia ini sehingga Allah anugerahkan kejayaan kepada mereka sehingga mereka mampu menguasai Timur dan Barat bumi ini.

Janji Allah ini masih terus berlaku sampai hari kiamat menjadi pertanda kuat bahwa kunci kemenangan bagi kaum muslimin adalah dengan kembali kepada ajaran Islam yang murni. Al-‘Allamah Abdurrahman bin Nashir As-Sa’di menyatakan :

فوعدهم الله هذه الأمور وقت نزول الآية، وهي لم تشاهد الاستخلاف في الأرض والتمكين فيها، والتمكين من إقامة الدين الإسلامي، والأمن التام، بحيث يعبدون الله ولا يشركون به شيئا، ولا يخافون أحدا إلا الله، فقام صدر هذه الأمة، من الإيمان والعمل الصالح بما يفوقون على غيرهم، فمكنهم من البلاد والعباد، وفتحت مشارق الأرض ومغاربها، وحصل الأمن التام والتمكين التام، فهذا من آيات الله العجيبة الباهرة، ولا يزال الأمر إلى قيام الساعة، مهما قاموا بالإيمان والعمل الصالح، فلا بد أن يوجد ما وعدهم الله، وإنما يسلط عليهم الكفار والمنافقين، ويديلهم في بعض الأحيان، بسبب إخلال المسلمين بالإيمان والعمل الصالح.

“Allah menjanjikan semua hal ini ketika ayat ini turun, ketika belum muncul kekuasaan di muka bumi, belum mampu menegakkan agama secara penuh, belum ada keamanan penuh sehingga kaum muslimin bisa beribadah kepada Allah dengan tanpa rasa takut terhadap siapapun kecuali kepada Allah.

Kemudian generasi awal umat ini beriman dan bermal shalih dengan kwalitas yang mengungguli orang lain. Sehingga merekapun diberikan kekuasaan dan mampu menundukkan bumi bagian Timur dan Barat. Dan terwujudlah keamanan dan kekuasaan yang penuh.

Ini merupakan ayat-ayat Allah yang sangat ajaib, dan janji Allah tetap berlaku hingga hari kiamat. Selama kaum muslimin beriman dan beramal shalih, maka pasti mereka akan mendapatkan janji Allah.

Akan tetapi kaum muslimin dikuasai oleh kaum munafiqin dan kaum kafir. Terkadang orang kafir menghinakan mereka, ini semua disebabkan kaum muslimin tidak beriman dan beramal shalih.”
(Tafsir As-Sa’di : 573).

Wallahu A’lam
Wabillahit Taufiq.

Dijawab dengan ringkas oleh:
Ustadz Abul Aswad al Bayati حفظه الله

Referensi: https://bimbinganislam.com/tafsir-ayat-tentang-kejayaan-islam/