Bagaimana Jika Anak Murtad?

  • Bagaimana Jika Anak Murtad?

Pertanyaan:

Assalamu’alaykum warohmatullahi wabarokaatuh.

“Ustadz, ada seorang ibu (janda, lansia di atas 80thn) titip bertanya adakah do’a yg bisa beliau amalkan agar 2 putranya mau kembali masuk Islam?

Dulu karena kondisi ekonomi sedang berat, mereka berdua sempat dititipkan kepada saudara yang Nasrani. Qadarullah mereka terikut masuk Nasrani juga, sampai sekarang.

Mohon pencerahan ilmu Ustadz. Jazaakallaahu khayran.”

(Ditanyakan oleh Sahabat BIAS via Instagram Bimbingan Islam)

 

Jawaban:

Jauh-jauh hari Rasulullah ﷺ sudah memberitahu kita bahwa lingkungan maupun pendidikan sangat mempengaruhi keimanan seseorang, dan bisa merusak fitrah yang ada pada dirinya, beliau ﷺ bersabda:

Baca Juga : Menginfakkan Harta Warisan
كُلُّ مَوْلُودٍ يُولَدُ عَلى الفِطْرَةِ، فَأبَواهُ يُهَوِّدانِهِ، أوْ يُنَصِّرانِهِ، أوْ يُمَجِّسانِهِ

“Setiap anak lahir di atas fitrahnya, kedua orang tuanya yang menjadikannya yahudi, nasrani atau majusi”. (Muttafaqun ‘alaihi).

Orang tua berkewajiban untuk menjaga fitrah seorang anak, harus memperhatikan pendidikan agamanya, lingkungannya dan dengan siapa dia bergaul. Seberapa susahnya perekonomian, jangan sampai menjadi alasan kita untuk menyia-nyiakan akhirat si anak.

Oleh karenanya hendaklah ibu tersebut selalu memohon ampun kepada Allah atas kesalahan yang beliau lakukan di masa lalu, yang tidak bisa kita pungkiri menjadi penyebab berpalingnya si anak dari Islam.

Adapun doa meminta hidayah, salah satunya selalu kita baca saat sholat kita:

﴿اهدِنَا الصِّرَٰطَ المُستَقِيمَ ٦ صِرَٰطَ الَّذِينَ أَنعَمتَ عَلَيهِم غَيرِ المَغضُوبِ عَلَيهِمۡ وَلَا الضَّآلِّينَ ٧﴾ [ الفاتحة:6-7]

6. Tunjukilah kami jalan yang lurus, [Al Fatihah:6]

7. (yaitu) Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat. [Al Fatihah:7]

Dan jika kita ingin mendoakan untuk orang lain tinggal diganti dengan

اهده الصراط المستقيم

Ihdihish shirathal mustaqim

“Tunjukilah dia ke jalan yang lurus”

Kemudian juga, diharapkan kepada orang yang dekat dengan ibu tersebut seperti kerabat, untuk membantu si ibu, mendakwahi si anak untuk kembali kepada agama Islam sebelum datang kematian. Lalu setelah bersabar sembari berharap Allah mau menerangi hati si anak dengan hidayahNya.

Semoga dakwah yang diiringi kesabaran lalu memohon hidayah kepada Allah bisa membukakan mata hati si anak agar mau menerima kebenaran.

Wallahu a’lam.

Dijawab dengan ringkas oleh:
Ustadz Muhammad Ihsan حفظه الله

 

Sumber: https://bimbinganislam.com/bagaimana-jika-anak-murtad/

2022-03-24T06:39:41+07:00

Yuk share jadwal kajian ini.. Semoga menjadi pahala jariyah kita