Pertanyaan :

بِسْـمِ اللّهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْم

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ

Semoga Allah ‘Azza wa Jalla selalu menjaga ustadz dan keluarga,

Afwan Ustadz, ana mau tanya hukum perayaan khatam Al Qur’an. Mohon penjelasan Ustadz.

(Disampaikan oleh Fulanah, Sahabat BiAS T10-061)

Jawaban :

وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ

بِسْـمِ اللّهِ

Alhamdulillāh
Alhamdulillah, wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah, wash shalaatu was salaamu ‘alaa rasulillaah, Amma ba’du
Ayyuhal Ikhwan wal Akhwat baarakallah fiikum Ajma’in.

Tidak ada perayaan khusus sesudah khatam Al Qur’an dalam ajaran Islam.

Adapun jika berdoa, maka hal ini dirinci, doa saat khataman al Qur’an itu ada dua kategori :

Doa khataman tersebut dibaca di dalam shalat. Tidak ada landasan syar’i yang akurat yang melegalkan pembacaan doa khataman al Qur’an dalam shalat.
Sedangkan doa khataman al Qur’an di luar shalat itu dibolehkan berdasarkan perbuatan salah seorang sahabat Nabi, yaitu Anas radhiyallahu ‘anhu.
سئل الشيخ ابن عثيمين رحمه الله : ما حكم دعاء ختم القرآن في قيام الليل في شهر رمضان ؟

Syaikh Ibnu Utsaimin rahimahullah pernah ditanya tentang apa hukum membaca doa khataman al Qur’an dalam shalat Tarawih saat bulan Ramadhan.

فأجاب : لا أعلم في ختمة القرآن في قيام الليل في شهر رمضان سنة عن النبي صلى الله عليه وسلم ، ولا عن الصحابة أيضا ، وغاية ما ورد في ذلك أن أنس بن مالك رضي الله عنه كان إذا ختم القرآن جمع أهله ودعا . وهذا في غير الصلاة ” انتهى
“فتاوى أركان الإسلام” – ص 354

Jawaban beliau, “Aku tidak mengetahui adanya hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ataupun riwayat dari para sahabat yang menunjukkan dituntunkannya membaca doa khataman al Qur’an ketika shalat Tarawih di bulan Ramadhan.
Yang ada hanyalah riwayat dari Anas bin Malik. Jika beliau mengkhatamkan al Qur’an beliau mengumpulkan anggota keluarga beliau lalu memanjatkan doa. Namun perbuatan Anas ini beliau lakukan di luar shalat”
(Fatawa Arkan al Islam hal 354).

Namun perlu diketahui, hal ini tidak boleh dilakukan terus menerus, setiap kali khatam maka berdoa bersama, bahkan sampai mencela orang yang tidak berdoa ketika khataman Al-Qur’an, maka hal ini telah melampaui batas.
karena tentunya jika demikian, akan ada doa secara khusus yang datang dari Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam, dimana setiap bulan Ramadhan beliau selesai menyetor hafalan Al-Quran beliau kepada Malaikat Jibril ‘alaihissalam, kecuali Ramadhan yang terakhir, yakni dua kali khatam sebagaimana yang dimaklumi. Kenyataannya tidak terdapat doa khusus dari Beliau Shallallahu ‘alaihi wasallam, tidak juga dari para sahabatnya yang mulia radhiallahu ‘anhum ajma’in, maka melakukannya secara terus menerus karena berdasarkan ajaran agama tidak ada contohnya.

Wallahu Ta’ala A’lam.

Dijawab dengan ringkas oleh:
Ustadz Fadly Gugul S.Ag. حفظه الله

Referensi: https://bimbinganislam.com/bagaimana-hukum-perayaan-khataman-al-quran/