Pertanyaan:

بسم الله الرحمن الر حيم
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Ustadz.. Apakah benar nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wassalam mengkonsumsi madu melarang dengan menggunakan sendok logam? Tolong dalilnya Ustadz.

جَزَاكَ الله خَيْرًا

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Ditanyakan oleh Sahabat BiAS G-08

Jawaban:

وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ الله وَبَرَكَاتُهُ
بِسْـمِ الله

Alhamdulillāhi rabbil ālamīn

Washshalātu wassalāmu ‘alā rasūlillāh, wa ‘alā ālihi wa ash hābihi waman tabi’ahum bi ihsānin Ilā yaumil Qiyāmah. Amma ba’du

Afwan Wajazākallāh khairan katsiran atas pertanyaan dan do’a yang antum sampaikan,

Berkenaan dengan larangan minum madu dengan menggunakan sendok, maka kami belum pernah mendapatkan keberadaan dalil tentangnya. Namun ada sebuah fatwa menjelaskan tentang faedah meminum madu dengan tanpa menjelaskan kaifiyah / tata cara minum madunya seperti apa :

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه، أما بعـد:

فلم نقف على حديث مرفوع يبين كيفية تناول العسل وتفاصيل شربه، وقد ذكر ابن القيم في كتابه زاد المعاد أن النبي صلى الله عليه وسلم كان يشربه ممزوجاً بالماء فقال: وأما هديه في الشراب فمن أكمل هدي يحفظ به الصحة، فإنه كان يشرب العسل الممزوج بالماء البارد، وفي هذا من حفظ الصحة ما لا يهتدي إلى معرفته إلا أفاضل الأطباء.

ويمكن أيضاً أن يكون شربه بتناوله خالصاً دون مزجه بغيره، فظاهر الحديث يحتمل ذلك كله ولكن تفاصيل كيفية ذلك يرجع فيها إلى أهل الاختصاص من الأطباء، ففي زاد المعاد: وشربه ولعقه على الريق يذيب البلغم ويغسل خمل المعدة ويجلو لزوجتها ويدفع عنها الفضلات، ويسخنها باعتدال ويفتح سددها ويفعل مثل ذلك بالكبد والكلى والمثانة وهو أنفع للمعدة.

“Segala puji bagi Allah, shalawat dan sallam semoga tercurah kepada Rasulullah, keluarga, dan para sahabatnya amma ba’du

Kami belum mendapatkan adanya hadits marfu yang menjelaskan tata cara menkonsumsi madu dan rincian tehnis meminumnya. Imam Ibnu Qayyim Al-Jauziyah menjelaskan di dalam kitab beliau Zadul Ma’ad bahwa Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam minum madu yang sudah dicampur dengan air, kata beliau :Adapun petunjuk nabi di dalam minum adalah petunjuk terbaik yang jika dilakukan bisa menjaga kesehatan. Beliau meminum madu yang telah dicampur air dingin. Cara ini bisa menjadi metode untuk menjaga kesehatan yang tidak diketahui kecuali oleh para dokter yang memiliki keutamaan.

Akan tetapi mungkin pula beliau mengkonsumsi madu murni tanpa dicampur dengan air terlebih dahulu. Tekstual hadits mencakup kedua kemungkinan ini.

Akan tetapi rincian tentang tata cara meminumnya dikembalikan kepada para ahli dari kalangan ahli medis. Disebutkan pula di dalam kitab Zadul Ma’ad ; faedah minum dan mengkonsumsi madu itu mengencerkan dahak di tenggorokan, mencuci lambung dan membersihkannya dari kotoran serta mendorong keluarnya tinja, memberikan suhu ideal padanya, membuka sumbatan-sumbatan dan itu pula manfaat madu pada limpa, ginjal, dan kandung kemih dan madu sangat bermanfaat bagi lambung.”

Semoga tulisan Tata Cara Dan Faedah Mengkonsumsi Madu Sesuai Sunnah ini bermanfaat, wa akhiru da’wanā ‘anilhamdulillāhi rabbil ālamīn

Sumber : Fatawa Islamweb no. 156095

Wallāhu a’lam, Wabillāhittaufiq

Dijawab dengan ringkas oleh:
? Ustadz Abul Aswad Al Bayati, حفظه الله

Referensi: https://bimbinganislam.com/tata-cara-dan-faedah-mengkonsumsi-madu-sesuai-sunnah/