Apakah Harus Saling Maaf dengan Mantan?

Pertanyaan:

Assalamualaikum wr.wb.

Mau tanya ustadz. Cara bertaubat dari pacaran, apakah harus saling maaf dengan wanita itu ustadz. Terima kasih.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh

(Ditanyakan oleh Sahabat BIAS via Instagram Bimbingan Islam)

 

Jawaban:

Wa’alaikumusalam warahmatullah wabarakatuh

Tidak, namun segera menghentikan aktifitas pacaran baik langsung maupun melalui alat komunikasi, sosmed ataupun yang lainnya. Dan dijelaskan bahwa hal tersebut merupakan kemaksiatan yang dilarang oleh agama.

Kemudian memohon ampun kepada Allah ta’ala, menyesal dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi. Jika memang sulit untuk berpisah kami sarankan untuk segera menikahinya menghalalkannya dengan cara cara yang dibolehkan oleh syariat yaitu dengan jalur pernikahan. Allah ta’ala berfirman:

وَالَّذِينَ إِذَا فَعَلُوا۟ فَٰحِشَةً أَوْ ظَلَمُوٓا۟ أَنفُسَهُمْ ذَكَرُوا۟ اللَّهَ فَاسْتَغْفَرُوا۟ لِذُنُوبِهِمْ وَمَن يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا اللَّهُ وَلَمْ يُصِرُّوا۟ عَلَىٰ مَا فَعَلُوا۟ وَهُمْ يَعْلَمُونَ

“Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui.” (QS. Ali Imran: 135).

Wallahu a’lam.

Dijawab dengan ringkas oleh:
Ustadz Abul Aswad Al-Bayati, BA. حفظه الله

 

Sumber: https://bimbinganislam.com/apakah-harus-saling-maaf-dengan-mantan/

2022-03-24T17:33:27+07:00

Yuk share... Semoga menjadi pahala jariyah kita