Pertanyaan :

بِسْـمِ اللّهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ
اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُه

Ustadz, apakah ada sunnahnya melantunkan adzan dengan nada yang meliuk-liuk sehingga sampai harokat lafadznya begitu panjang? Bagaimanakah hukum tajwid di dalam beradzan?

(Fulanah, Sahabat BiAS T08-25)

 

Jawaban :

وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ

Bismillah, was shalatu was salamu ‘ala Rasulillah, wa ba’du,

Tidak ada sunnah nya melantunkan adzan dengan suara yang sangat panjang sampai meliuk-liuk, bahkan hal tersebut kadang sampai merubah makna dari ladaz adzan yang dilantunkan.

Syaikh Muhammad bin Abdillah Al-Imam menyatakan:

إن بعض المؤذنين يبالغون في تمطيط أصواتهم بالأذان مبالغةً ممقوتةً ممجوجةً، فإذا قال مثلاً: “لا إله” مده مداً طويلاً قد يزيد على عشر حركات أو اثنتي عشرة حركه أو أكثر، وكذلك قوله: (الله) (حي على الصلاة) (حي على الفلاح) يمدونه مداً زائداً شديداً يخرج بالأذان عن شرعيته وحكمته، وهذا لا أعتقد أنه يكون أذاناً مشروعاً صحيحاً؛ لأن الإنسان إذا مد مداً مبالغاً فيه خرج اللفظ عن اعتباره اللغوي ووضعه اللغوي.

وبعض الناس يمدون الأذان مداً في غير محله، فمثلاً بعضهم يمدون بعد الهمزة يضعون ألفاً (آلله) فيقول: (آلله أكبر) مثلاً، وهذا لا يجوز؛ لأنه هنا كأنه أوجد عدة همزات، وكأنه صار استفهاماً، كما في قوله تعالى: (آللَّهُ خَيْرٌ أَمَّا يُشْرِكُونَ)النمل:59 فبدلاً من أن يكون خبراً أصبح استفهاماً، وهذا ولا شك أنه لحن يحيل المعنى، ولا يجوز.

“Sebagian muadzin berlebih-lebihan di dalam memanjangkan suaranya ketika adzan dengan parah. Apabila melafadzkan Lailahaillallah misalnya ia memanjangkan suaranya dengan sangat panjang bahkan sampai melebihi sepuluh harakat, atau dua belas harakat atau lebih dari itu.

Demikian pula saat melafadzkan Allah, Hayya ‘alash Shalat, Hayya ‘alal Falah ia memanjangkan suaranya sampai melebihi batas sehingga adzan ini menjadi keluar dari pensyariatan adzan serta keluar dari hikmah nya adzan.

Yang seperti ini aku mengira ia bukanlah adzan yang benar, bukan adzan yang disyariatkan. Karena tatkala manusia berlebih-lebihan di dalam memanjangkan suaranya maka sebuah lafadz itu akan keluar dari makna bahasanya.”

(Fatawa Syaikh Muhammad Al-Imam no. 2596).

Wallohu A’lam,
Wabillahittaufiq.

Dijawab dengan ringkas oleh:
? Ustadz Abul Aswad Al Bayati حفظه الله

 

Sumber: https://bimbinganislam.com/apakah-boleh-adzan-dengan-dilagukan/