Pertanyaan:

بسم الله الرحمن الر حيم

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Ustadz, benarkah kalau tanaman tembakau berasal dari air kencing iblis? Apakah ada haditsnya?

جزاك الله خيرا

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Ditanyakan oleh Sahabat BiAS T06 G-24

 

Jawaban:

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

بِسْـمِ الله

Alhamdulillāhi rabbil ālamīn

Washshalātu wassalāmu ‘alā rasūlillāh, wa ‘alā ālihi wa ash hābihi waman tabi’ahum bi ihsānin Ilā yaumil Qiyāmah. Amma ba’du

Afwan Wajazākallāh khairan katsiran atas pertanyaan dan do’a yang antum sampaikan.

Anggapan bahwa pohon tembakau tumbuh dan berasal dari air kencing iblis adalah sesuatu yang tidak benar, karena riwayat dalam hal ini tidak ada asal-usulnya.

Pertanyaan serupa pernah ditanyakan kepada para ulama kibar yang tergabung dalam Lajnah Daimah berikut redaksi pertanyaan dan jawabannya :

هل هذا الحديث صحيح أم لا؟ ( قال النبي صلى الله عليه وسلم: يا أبا هريرة، يأتي أقوام في آخر الزمان يداومون على هذا الدخان ، وهم يقولون: نحن من أمة محمد، وليسوا من أمتي، ولا أقول لهم أمة، لكنهم من العوام، قال أبو هريرة: وسألته صلى الله عليه وسلم: كيف نبت؟ قال: نبت من بول إبليس، فهل يستوي الإيمان في قلب من شرب بول الشيطان؟ ولعن من غرسها ونقلها وباعها، قال عليه الصلاة والسلام: يدخلهم الله النار وإنها شجرة خبيثة ).

Pertanyaan :
Apakah hadits ini shahih ataukah tidak ?

“Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda : Wahai Abu Hurairah akan datang suatu kaum di akhir zaman yang senantiasa menghisap tembakau. Dan mereka mengatakan ; Kami adalah kaum Muhammad shallallāhu ‘alaihi wa sallam. Padahal mereka bukan umatku. Dan aku tidak menganggap mereka sebagai umat, tapi mereka itu orang-orang awam.”

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata, “Aku bertanya kepada Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam: Bagaimana proses tumbuhnya tembakau ?”

Nabi Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam menjawab : “Ia tumbuh dari air kencing iblis, apakah sama keimanan dalam hati orang yang meminum air kencing setan. Dan dilaknat orang yang menanamnya, mengangkut dan menjualnya.”

Nabi Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam berkata : “Allah akan memasukkan mereka ke dalam neraka, sesungguhnya tembakau itu pohon yang keji”

هذا الحديث لا أصل له في شيء من كتب السنة المحمدية، بل هو مكذوب على رسول الله صلى الله عليه وسلم، وإنما الثابت عنه عليه الصلاة والسلام: أنه لعن الخمر وشاربها وساقيها، وعاصرها ومعتصرها، وحاملها والمحمولة إليه، وبائعها ومشتريها وآكل ثمنها ، أما التنباك فحرام، وشربه معصية لله ولرسوله، ولا يخرج شاربه بمعصيته هذه من الملة الإسلامية.

Jawaban :

Hadits ini tidak ada asalnya sama sekali dari kitab-kitab sunnah. Bahkan ia adalah kedustaan atas nama Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam.

Akan tetapi yang shahih dari Nabi shallallāhu ‘alaihi wa sallam adalah bahwasanya beliau melaknat khamr, peminumnya, penyajinya, pemerasnya, orang yang mengambil hasil perasannya, orang yang mengantar dan orang yang minta diantarkan khamr, penjualnya, pembelinya dan orang yang mengambil keuntungan dari khamr.

Adapun tembakau, maka ia haram, menghisap rokok adalah kemaksiatan kepada Allah dan Rasul-Nya akan tetapi perokok dengan maksiatnya ini tidak keluar dari agama Islam.”

(Fatawa Lajnah Da’imah : 22/199).

Walāhu a’lam, Wabillāhit taufiq

Dijawab dengan ringkas oleh:
? Ustadz Abul Aswad al Bayati حفظه الله

 

Sumber: https://bimbinganislam.com/apakah-benar-tembakau-berasal-dari-air-kencing-iblis/