Pertanyaan mengenai apa hukum mempelajari ilmu tajwid

بسم اللّه الرحمن الر حيم
السلام عليكم ورحمةالله وبركاته

Ustadz, apakah ada hukum/sanksinya apabila dalam membaca Al-Qur’an tidak memperhatikan hak-hak hurufnya (tidak tartil)?

Syukran wa jazakallahu khairan.

(Dari Sahabat BiAS T02 G-36)

Jawaban

وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ
بِسْـمِ اللّهِ

Alhamdulillāh
Washshalātu wassalāmu ‘alā rasūlillāh, wa ‘alā ālihi wa ash hābihi ajma’in.

Jika yang ditanyakan adalah tentang hukum membaca Al-Qur’an dengan tajwid atau apa hukum mempelajari ilmu tajwid, maka para ulama berbeda pandangan dalam hal ini. Di antara mereka ada yang menyatakan wajib hukumnya membaca Al-Qur’an dengan kaidah-kaidah tajwid yang ada. Imam Al-Jazari menyatakan :

وَالْأَخْذُ بِالتَّجْوِيدِ حَتْـمٌ لاَزِمُ * مَنْ لَمْ يُجَوِّدِ الْقُـرَآنَ آثِــمُ * لِأَنَّهُ بِهِ الْإِلَــهُ أَنْــزَلاَ * وَهَكَـذَا مِنْـهُ إِلَيْنَا وَصَـلاَ

“Dan membaca dengan tajwid adalah merupakan keharusan yang wajib.
Barangsiapa tidak membaca dengan tajwid maka ia berdosa.
Karena dengan tajwid-lah Allah menurunkan Al-Qur’an Dan Al-Qur’an diriwayatkan sampai kepada kita dengan tajwid.”

(Muqaddimah Al-Jazariyah, bait no. 27-28 Oleh Imam Muhammad Syamsudin Muhammad bin Muhamamd Al-Jazari).

Namun demikian Imam Ibnu Utsaimin menyatakan bahwa ilmu tajwid itu tidak wajib dan hanya sarana untuk memperbaiki dan memperelok bacaan Al-Qur’an. Beliau berkata dalam salah satu fatwa beliau :

سئل الشيخ – رحمه الله تعالى – : ( ما رأي فضيلتكم في تعلم التجويد والالتزام به ، وهل صحيح ما يذكر عن فضيلتكم من الوقف بالتاء في نحو ( الصلاة ، الزكاة ) ؟

فأجاب قائلا : (( لا أرى وجوب الالتزام بأحكام التجويد التي فصلت بكتب التجويد ، وإنما أرى أنها من باب تحسين القراءة ، ، وباب التحسين غير باب الإلزام ، وقد ثبت في صحيح البخاري عن أنس بن مالك – رضي الله عنه – أنه سئل كيف كانت قراءة النبي – صلى الله عليه وسلم – ؟ فقال : كانت مدًّا ، قرأ : { بسم الله الرحمن الرحيم } يمد ببسم الله ، ويمد الرحمن ، ويمد الرحيم ، والمد هنا : طبيعي لا يحتاج إلى تعمده والنص عليه ، هنا يدل على أنه فوق الطبيعي .

ولو قيل : بأن العلم بأحكام التجويد المفصلة في كتب التجويد واجب ، للزم تأثيم أكثر المسلمين اليوم ، ولقلنا لمن أراد التحدث باللغة الفصحى : ” طبّق أحكام التجويد في نطقك بالحديث وكتب أهل العلم ، وتعليمك ، ومواعظك ” ، وليعلم أن القول بالوجوب يحتاج إلى دليل تُبَرأ به الذمة أمام الله – عز وجل – في إلزام عباده بما لا دليل على إلزامهم به من كتاب الله – تعالى – أو سنة رسوله – صلى الله عليه وسلم – ، أو إجماع المسلمين .

وقد ذكر شيخنا عبد الرحمن بن سعدي – رحمه الله – في جواب له : ” أن التجويد حسب القواعد المفصلة في كتب التجويد غير واجب ” .

Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin ditanya : “Apa pendapat Fadhilatusy Syaikh tentang ilmu tajwid dan mempraktekkannya ? Apakah benar apa yang disebutkan tentang anda akan waqof/berhenti pada huruf ta’ di kata (Shalat–Zakat) ?”.

Beliau menjawab :

“Saya tidak berpendapat wajibnya mempraktekkan hukum tajwid yang dirinci di dalam kitab-kitab tajwid. Saya berpendapat hal itu hanya menjadi sarana untuk memperbaiki bacaan, dan bab tahsin/memperbaiki, bukan bab al-Ilzam/keharusan. Telah disebutkan di dalam Shahih Bukhari dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu ditanya bagaimana dulu bacaan Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam.
Ia menjawab, ‘Bacaan beliau adalah mad ketika membaca Bismillahirrahmanirrahim, memanjangkan bismillah, memanjangkan Ar Rahman, memanjangkan Ar Rahim. Padahal mad di sini adalah mad thabi’i tidak butuh untuk sengaja memanjangkan, sedang nash/dalil ini menunjukkan mad nya melebihi mad thabi’i.’

Seandainya dikatakan bahwa hukum-hukum yang dituliskan di dalam kitab-kitab tajwid hukumnya wajib, maka akan memberikan konsekwensi berdosanya banyak sekali kaum muslimin. Dan kita akan mengatakan bagi orang yang hendak berbicara dengan bahasa arab fasih, ‘Praktekkan ilmu tajwid ketika kalian membaca hadits dan kitab-kitab para ulama, dalam pengajaran kalian dan dalam nasehat-nasehat kalian.’

Dan hendaknya diketahui bahwa pendapat yang mewajibkan ( membaca sesuai tajwid ~ed), membutuhkan dalil yang akan melepaskan tanggung jawab dihadapan Allah kelak, yang terambil dari kitab Allah dan sunnah Rasul-Nya shalallahu ‘alaihi wa sallam atau ijma’/kesepakatan para ulama.

Dan Syaikh kami, Syaikh Abdurrahman bin Nashir As-Sa’di menyebutkan di dalam salah satu fatwa beliau bahwa tajwid sesuai yang dirinci di dalam kitab-kitab tajwid itu tidak wajib hukumnya.”

(Kitabul Ilmi : 163 oleh Imam Ibnu Utsaimin)

Kesimpulannya adalah : Apa hukum mempelajari ilmu tajwid (hukum ilmu tajwid) diperselisihkan oleh para ulama’ dan kami meyakini serta memilih pendapat yang menyatakan tidak wajib sebagaimana dipilih oleh Syaikh Ibnu Utsaimin dan guru beliau Syaikh Abdurrahman bin Nashir As-Sa’di rahihahumallahu Ta’ala. Simak juga artikel bolehkah tilawah quran dengan irama yang dibuat-buat.

Wallohu A’lam
Wabillahit taufiq

Dijawab dengan ringkas oleh:
Ustadz Abu Aswad al Bayati حفظه الله

Referensi: https://bimbinganislam.com/apa-hukum-mempelajari-ilmu-tajwid-membaca-al-quran/