Pertanyaan :

بِسْـمِ اللّهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ
اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُه

Semoga Allah ‘Azza wa Jalla selalu menjaga Ustadz dan keluarga.

Apakah membaca Al-Fatihah sebagai pembuka dalam acara-acara seperti pertemuan dll itu termsk bid’ah?

(Naimah Sumitro, Sahabat BIAS T09 G-37)

Jawaban :

وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ

Bismillah, was shalatu was salamu ‘ala Rasulillah, wa ba’du,

Imam Ibnu Utsaimin rahimahullahu ta’ala menyatakan:

هذا ليس بمشروع ، بل هذا بدعة ، وقراءة الفاتحة أو غيرها من السور المعينة لا تقرأ إلا في الأماكن التي شرعها الشرع ، فإن قرئت في غير الأماكن تعبداً فإنها تعتبر من البدع ، وقد رأينا كثيراً من الناس يقرؤون الفاتحة في كل المناسبات حتى إننا سمعنا من يقول : اقرءوا الفاتحة على الميت ، وعلى كذا وعلى كذا ، وهذا كله من الأمور المبتدعة والمنكرة ؛ فالفاتحة وغيرها من السور لا تقرأ في أي حال وفي أي مكان وفي أي زمان إلا إذا كان ذلك مشروعاً بكتاب الله أو بسنة رسوله صلى الله عليه وسلم ، وإلا فهي بدعة ينكر على فاعلها

“Ini tidak disyariatkan bahkan ini adalah bid’ah, pembacaan Al-Fatihah atau surat tertentu tidak dibaca kecauali pada lokasi-lokasi yang ditetapkan oleh syariat. Apabila dibaca bukan pada lokasi tersebut dan dijadikan sebagai bentuk peribadahan maka ia termasuk bid’ah.

Dan kami telah melihat banyak sekali manusia membaca surat Al-Fatihah pada setiap event. Sampai kami pernah mendengar ada yang berkata; bacalah Al-Fatihah untuk orang mati dan bacalah Al-Fatihah untuk ini dan itu, ini semua termasuk perkara bid’ah yang mungkar.

Surat Al-Fatihah dan surat yang lain tidak dibaca pada setiap kondisi, setiap lokasi, setiap waktu melainkan jika hal tersebut disyariatkan di dalam kitab Allah atau sunnah RasulNya shalallahu ‘alaihi wa sallam jika tidak maka ia adalah bid’ah yang mana pelakunya harus diingkari.”

(Fatawa Nurun Alad Darb : 10/95).

Wallohu A’lam,
Wabillahittaufiq.

Dijawab dengan ringkas oleh:
? Ustadz Abul Aswad Al Bayati حفظه الله

Referensi: https://bimbinganislam.com/hukum-membuka-acara-dengan-al-fatihah/