Pertanyaan:

بسم الله الرحمن الر حيم
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Ustadz, bagaimana hukumnya jika mertua melakukan ritual kejawen (mandi kembang dijampi-jampi pakai ayat-ayat Al Quran dan jawa) kepada anak saya (balita) yang sedang rewel?

Jika sudah terlanjur dilakukan pada anak saya, apa yang harus saya lakukan agar anak kita mendapatkan perlindungan dari gangguan setan dan marabahaya?

جَزَاكَ الله خَيْرًا

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Ditanyakan oleh Sahabat BiAS T06 G-17

Jawaban:

وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ الله وَبَرَكَاتُهُ
بِسْـمِ الله

Alhamdulillāhi rabbil ālamīn

Washshalātu wassalāmu ‘alā rasūlillāh, wa ‘alā ālihi wa ash hābihi waman tabi’ahum bi ihsānin Ilā yaumil Qiyāmah. Amma ba’du

Afwan Wajazākallāh khairan katsiran atas pertanyaan dan do’a yang antum sampaikan, dan kepada Allāh-lah kita memohon taufiq dan hidayah-Nya, karena tanpa Allah kita lemah.

Melakukan hal tersebut yaitu ritual kejawen (mandi kembang dijampi-jampi pakai ayat-ayat Al Quran dan jawa) kepada anak saya (balita) yang sedang rewel adalah tidak diperbolehkan. Adapun jika sudah terlanjur, bacakan doa perlindungan setiap pagi dan sore, atau saat anak keluar rumah agar anak kita mendapatkan perlindungan dari gangguan setan dan marabahaya sebagaimana yang Rasūlullāh shallallāhu ‘alaihi wa sallam baca :

أُعيذُك بكلماتِ الله التامّة، من كلِّ شَيطان وهامَّةِ، ومِنْ كُلِّ عَينٍ لامَّةٍ

u’iidzuka bikalimaatillaahittaammah min kulli syaithaanin wa hammah wamin kulli ‘ainin laammah.

Aku memohonkan perlindungan kepadamu (wahai anakku) dengan kalimat Allah yang sempurna, dari setan-setan, hewan-hewan berbisa, dan dari setiap mata yang yang membawa kejelekan (sawangen atau semisalnya)

Demikianlah do’a yang diajarkan oleh Rasūlullāh agar anak kita mendapatkan perlindungan dari gangguan setan dan marabahaya.

Wallahu A’lam
Wabillahit Taufiq

Dijawab dengan ringkas oleh :
? Team Tanya Jawab Bimbingan Islam

Referensi: https://bimbinganislam.com/jangan-lupakan-doa-ini-agar-anak-selamat-dari-gangguan-setan-dan-marabahaya/