Pertanyaan :

بسم اللّه الرحمن الر حيم

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Semoga Allah ‘Azza wa Jalla selalu menjaga ustadz dan keluarga,

Ustadz,
Izin bertanya,Apa ciri-ciri dakwah Rasulullah Shallallahu ‘alayhi wasallam. Mohon penjelasannya ustadz.
Jazākallāhu khayran.

(Disampaikan oleh Sahabat BiAS T09-07)

 

Jawaban :

وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ

بِسْـمِ اللّهِ

Alhamdulillah, wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah, wash shalaatu was salaamu ‘alaa rasulillaah, Amma ba’du

Membahas tentang dakwah rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam tidak bisa dalam bentuk jawaban ringkas, butuh kajian panjang dalam hal ini. Membahas bagaimana dakwah rasulullah ﷺ dahulu berarti membahas sirah perjalanan hidup beliau ﷺ, karena dari sirah beliau itulah kita mengetahui perjalanan dakwah beliau ﷺ.
Namun, disini kita mungkin sebutkan sebagian bentuk dakwah rasulullah ﷺ :

Dakwah beliau adalah mengajak manusia untuk mentauhidkan Allah dan menyuruh mereka untuk menjauh dari berbuat syirik kepada Nya. Ini tercermin bagaimana dakwah beliau dari awal beliau diutus sampai beliau meninggal, semuanya berisikan tentang tauhid dan bahayanya syirik, terlebih ketika beliau di mekkah, kita bisa melihat perjuangan beliau dalam mendakwahkan tauhid. Dan ini merupakan dakwah semua nabi dan rasul. Allah berfirman:

وَلَقَدْ بَعَثْنَا فِى كُلِّ أُمَّةٍ رَّسُولًا أَنِ ٱعْبُدُوا۟ ٱللَّهَ وَٱجْتَنِبُوا۟ ٱلطَّٰغُوتَ ۖ

Dan sungguhnya Kami telah mengutus rasul pada tiap-tiap umat (untuk menyerukan): “Sembahlah Allah (saja), dan jauhilah Thaghut itu”.
(QS An-Nahl ayat 36)

Begitu pula dakwah rasulullah ﷺ penuh dengan kelembutan dan semangat beliau dalam menyampaikan hidayah ke dalam hati seorang hamba, Allah menceritakan tentang kegigihan beliau ﷺ dalam firmanNya:

لَقَدْ جَاءَكُمْ رَسُولٌ مِنْ أَنْفُسِكُمْ عَزِيزٌ عَلَيْهِ مَا عَنِتُّمْ حَرِيصٌ عَلَيْكُمْ بِالْمُؤْمِنِينَ رَءُوفٌ رَحِيمٌ

“Sungguh telah datang kepadamu seorang Rasul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaanmu, sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, amat belas kasihan lagi penyayang terhadap orang-orang mukmin.”
(QS. Attaubah : 128).

Dan masih banyak lagi pembahasan tentang dakwah rasulullah ﷺ, (namun diantara ciri utama dakwah beliau adalah apa yang diterangkan diatas -ed), silahkan di dengarkan kajian asatidzah atau membaca buku tentang sirah nabi ﷺ dan perjuangan beliau ﷺ. Semoga Allah melimpakan shalawat dan salam kepada beliau ﷺ.

Wallahu a’lam

 

Dijawab dengan ringkas oleh :
Ustadz Muhammad Ihsan حفظه الله

 

sumber: https://bimbinganislam.com/inilah-ciri-dakwah-rasulullah-yang-masih-ada-sampai-hari-ini/