Apakah Kitab Majmu Syarif Sesuai Dengan Ajaran Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam?

Pertanyaan:

السلام عليكم ورحمة اللّه وبركاته

Baarakallahu Fiik, Yaa Ustadz, ada yang saya mu tanyakan :

1. Apakah Kitab Majmu Syarif adalah sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wa sallam ?
2. Apakah membaca Surat Yasin, Al Mulk & Al Waqiah setelah shalat maghrib ada dalil shahihnya?
3. Apakah ada dalil shahinya Dzikir Harian Imam Al-Gazali yg dibaca per 1000x ?

Demikian pertanyaan dari saya.

جـزاك اﻟلّـہ خـــيرًا

(Dari Hanifah Kurniati Di Bandung Anggota Grup WA Bimbingan Islam T-05 G-38).

Jawaban:

وعليكم السلام ورحمة الله وبر كاته

1). Kitab Majmu’ Syarif ini kami menganjurkan untuk meninggalkannya dan diganti dengan kitab dzikir yang lain yang berdasarkan dalil dari Al-Qur’an dan Sunnah yang shahih.

Adapun kitab Majmu’ Syarif ini, penulisnya saja tidak jelas, tidak dikenal bahkan tidak ada yang tahu. Di sisi lain para ulama salaf memerintahkan kita untuk tidak sembarangan mengambil ilmu agama dari seseorang. Imam Muhammad bin Sirin berkata :

إِنَّ هَذَا الْعِلْمَ دِيْنٌ فَانْظُرُوْا عَمَّنْ تَأْخُذُوْنَ دِيْنَكُمْ

“Sesungguhnya ilmu ini adalah agama, maka hendaklah kalian melihat dari siapa kalian mengambil agama kalian.” (Muqaddimah Shahih Muslim : 1/7).

Dan ternyata kitab ini memuat banyak sekali kepalsuan, banyak menetapkan hal-hal ghaib, khasiat, keutamaan dari dzikir-dzikir tertentu dengan tanpa ada dalil shahih yang mendasarinya.

Untuk lebih detailnya kami menyarankan penanya untuk menyimak pengajian berjudul “Mengupas Kitab Majmu’ Syarif” dalam tautan berikut ; https://www.youtube.com/watch?v=7TlgHvlg87Q

2. Kami belum mendapati dalil berkaitan dengan pertanyaan penanya. Membaca Al-Qur’an, atau salah satu surat dalam Al-Qur’an itu kapan saja dan tidak boleh bagi kita mengkhususkan waktu tertentu melainkan dengan dalil khusus yang shahih. Dan kami belum pernah menjumpai adanya dalil tersebut.

3. Kami belum mengetahui dzikir Imam Al-Ghazali yang dimaksud seperti apa bunyi redaksinya sehingga kami belum bisa menjawabnya. Wallahu a’lam.

Konsultasi Bimbingan Islam
Ustadz Abul Aswad Al Bayati

Referensi: https://bimbinganislam.com/dzikir-imam-al-ghazali/

2019-02-10T06:33:30+00:00February 11th, 2019|
X