Apa Beda Wahhabi Dan Ahlus Sunnah Wal Jama’ah?

Pertanyaan:

السلام عليكم ورحمة اللّه وبركاته

Ana mau tanya, apa perbedaan dan persamaan WAHABI dan AHLU SUNNAH WAL JAMAAH?

Ana mengikuti kajian ini dicap sebagai aliran wahabi yang sekarang katanya berganti nama jadi ahlu sunnah wal jamaah. Ana belum faham karena ana juga masih dalam taraf belajar. Syukron.

(Dari Yanti Di Bogor Anggota Grup BIAS T05 G-32).

Jawaban:

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

Julukan Wahabi di zaman ini, di hari ini, akhir-akhir ini sering kali dilontarkan kepada ahlus sunnah wal jama’ah agar kaum muslimin lari menjauh dari dakwah ahlis sunnah. Julukan Wahabi ini aslinya dahulu adalah julukan untuk para pengaikut Abdul Wahab bin Abdurrahman bin Rustum yang terkenal bengis dan kejam.

Namun karena ketidak sukaan beberapa orang pada gerakan pemurnian Islam, ia lantas disematkan kepada para pengikut Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab yang menebarkan dakwah ahlis sunnah wal jama’ah/dakwah Islam yang murni.

Ahlus sunnah wal jama’ah yang diantara tokohnya adalah Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab, maknanya orang-orang yang senantiasa berpegang teguh terhadap sunnah dan ajaran Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wa sallam. Ketika mereka mengetahui ada larangan atau perintah dari Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam mereka langsung tunduk dan patuh.

Jadi Wahabi yang sesungguhnya adalah para pengikut ajaran Abdul Wahhab bin Rustum. Sedangkan ahlus sunnah wal jama’ah adalah para pengikut sunnah Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam yang di zaman ini diantara tokohnya adalah Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab. Wallahu a’lam

Konsultasi Bimbingan Islam
Ustadz Abul Aswad Al Bayati

Referensi: https://bimbinganislam.com/wahhabi-dan-ahlu-sunnah-wal-jama-ah/

2019-02-10T06:27:20+00:00February 10th, 2019|
X