Pertanyaan:

Assalammualaikum, saya mau tanya tentang manfaat sholawat dari dalil ini “Barangsiapa setelah subuh dan maghrib membaca sholawat atas Nabi Muhammad 100 kali, akan dikabulkan 30 hajat dunia dan 70 hajat akhirat”

Apakah benar dalil tersebut?.. mohon penjelasannya…

(Ditanyakan oleh Sahabat BIAS via Instagram Bimbingan Islam)

 

Jawaban:

Wa alaikumussalaam warahmatullah

Dalam penjelasan di website islamqa.com (tanya jawab islam) di bawah asuhan syaikh Muhammad Solih al-Munajjid, di situ dijelaskan bahwa sanad dari hadist yang ditanyakan adalah sanad yang lemah, sebagaimana komentar oleh al-Imam al-Sakhowi. berikut pernyataannya:

Hadist yang ditanyakan bunyinya adalah:

(من صلى عليَّ مائة صلاة حين يصلي الصبح قبل أن يتكلم قضى الله له مائة حاجة ، عجل له منها ثلاثين حاجة ، وأخر له سبعين ، وفي المغرب مثل ذلك )

“Barangsiapa yang bersolawat padaku 100 kali ketika waktu subuh sebelum mulai berbicara, maka Allah akan tunaikan 100 hajat, 30 diantaranya disegerakan, dan 70 sisanya diakhirkan. Dan bagi yang melakukannya waktu maghrib juga demikian”.

قال السخاوي رحمه الله :

al-Imam al-Sakhowi mengatakan:

“ أخرجه أحمد بن موسى الحافظ بسند ضعيف ” انتهى.

“Hadist di atas dikeluarkan oleh al-Hafidzh Ahmad bin Musa dengan sanad yang lemah”.

” القول البديع ” (ص/169)

Lihat di kitab: al-Qoulu al-Badi’ hal:169.

Sumber: islamQA

Jadi kesimpulannya dari keterangan di atas adalah bahwa hadistnya memang ada, namun sanad (rantai periwayatan hadistnya) tergolong lemah, sehingga status hadistnya lemah. Wallahu a’lam.

Dijawab dengan ringkas oleh:
Ustadz Setiawan Tugiyono, M.H.I حفظه الله

 

Sumber: https://bimbinganislam.com/baca-shalawat-100-kali-dikabulkan-30-hajat-dunia-dan-70-hajat-akhirat/