Pertanyaan :
بسم اللّه الرحمن الر حيم
السلام عليكم ورحمةالله وبركاته
Afwan ustadz ana ingin bertanya bagaimana hukumnya menerima zakat dari pegawai bank ?
Mohon penjelasannya, syukron Jazaakallahu khairan
والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته
(Disampaikan oleh Fulan, Admin BiAS)
Jawaban :
وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ
بِسْـمِ اللّهِ
Alhamdulillāh
Washshalātu wassalāmu ‘alā rasūlillāh, wa ‘alā ālihi wa ash hābihi ajma’in.
Harta yang didapatkan dari jalan riba adalah harta yang Allah haramkan, bahkan pelakunya mendapatkan ancaman laknat dari Allah, sebagaimana dijelaskan dalam hadits yang diriwayatkan sahabat Jabir :
لَعَنَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ آكِلَ الرِّبَا وَمُؤْكِلَهُ وَكَاتِبَهُ وَشَاهِدَيْهِ وَقَالَ هُمْ سَوَاءٌ
“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam melaknat pemakan riba, orang yang menyuruh makan riba, juru tulisnya dan saksi-saksinya.” Dia berkata, “Mereka semua sama.”
(Muslim: 2955)
Maka berdasarkan hal diatas, zakat yang dikeluarkan oleh pelaku riba dari harta yang didapatkan dengan jalan riba tidak bisa dikatakan zakat, karena zakat tersebut tidak sah disebabkan harta tersebut adalah harta haram yang kotor, sedangkan Allah hanya menerima dari harta yang baik, sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam:
أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّ اللَّهَ طَيِّبٌ لَا يَقْبَلُ إِلَّا طَيِّبًا
“Wahai sekalian manusia, sesungguhnya Allah itu baik. Dia tidak akan menerima sesuatu melainkan yang baik pula.”
(Muslim : 1686).
Adapun hukum menerima pemberian dari orang yang bermuamalah dengan harta riba secara umum, maka Syaikh ‘Utsaimin membolehkannya, beliau berkata:
خذوا النفقة من أبيكم ، لكم الهناء ، وعليه العناء ؛ لأنكم تأخذون المال من أبيكم بحق ؛ إذ هو عنده مال وليس عندكم مال ، فأنتم تأخذونه بحق ، وإن كان عناؤه وغرمه وإثمه على أبيكم ، فلا يهمكم ، فها هو النبي صلى الله عليه وعلى آله وسلم قبَل الهدية من اليهود ، وأكل طعام اليهود ، واشترى من اليهود ، مع أن اليهود معروفون بالربا ، وأكل السحت ، لكن الرسول عليه الصلاة والسلام يأكل بطريق مباح ، فإذا ملك بطريق مباح : فلا بأس ، انظر مثلاً ” بريرة ” مولاة عائشة رضي الله عنهما ، تُصدق بلحم عليها ، فدخل النبي صلى الله عليه وعلى آله وسلم يوماً إلى بيته ووجد البُرمة – القِدر – على النار ، فدعا بطعام ، ولم يؤتَ بلحم ، أتي بطعام ولكن ما فيه لحم ، فقال : ( ألم أر البرمة على النار ؟ ) قالوا : بلى يا رسول الله ، ولكنه لحم تُصدق به على ” بريرة ” – والرسول عليه الصلاة والسلام لا يأكل الصدقة – ، فقال : ( هو لها صدقة ولنا هدية ) فأكله الرسول عليه الصلاة والسلام مع أنه يحرم عليه هو أن يأكل الصدقة ؛ لأنه لم يقبضه على أنه صدقة بل قبضه على أنه هدية .
“Ambillah nafkah dari ayah kalian, nikmat untuk kalian dan dialah yang menanggung dosanya, karena kalian mengambil harta tersebut dengan cara yang halal, karena dia memiliki harta dan kalian tidak memiliki harta, dan kalian mengambilnya dengan cara yang dibenarkan syariat. Walaupun ayah kalian berdosa tapi itu tidak menjadi tanggungan kalian. Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam menerima hadiah dari orang yang yahudi, memakan makanan mereka, berjual beli, walaupun orang – orang yahudi diketahui penghasilan mereka berasal dari riba, akan tetapi Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam memakan harta tersebut dengan cara yang mubah, tidak mengapa.
Perhatikan kisah Barirah maula Aisyah radhiyallahu ‘anhuma, ketika ada orang yang bersedekah kepadanya, lalu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam masuk kedalam rumah ‘Aisyah, beliau mendapati ada panci yang sedang dipanaskan, lalu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam meminta Aisyah untuk menghidangkan makanan, maka ‘Aisyah menghidangkan makanan tapi tidak ada dagingnya, kemudian beliau bersabda: “Bukankah aku melihat ada panci yang sedang dipanaskan?” maka Aisyah berkata: benar ya rasulullah, akan tetapi itu adalah daging yang disedekahkan kepada Barirah – dan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam haram untuknya sedekah-
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda :
“Untuknya sedekah, dan bagi kita ini hadiah (dari barirah)”, lalu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam memakannya padahal beliau haram memakan sedekah, akan tetapi beliau mendapatkannya bukan dengan cara sedekah melainkan hadiah.
(islamqa.info/ar/answers/132480).
Wallahu a’lam
Wabillahit taufiq
Dijawab dengan ringkas oleh :
Ustadz Muhammad Ihsan حفظه الله
Referensi: https://bimbinganislam.com/hukum-menerima-zakat-dari-pegawai-bank/